JawaPos Radar

Sri Mulyani: APBN Tidak Bisa Diubah Setiap Menit atau Bulan

11/01/2018, 09:54 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Sri Mulyani: APBN Tidak Bisa Diubah Setiap Menit atau Bulan
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bank Dunia memproyeksikan perekonomian global akan tumbuh 3,1 persen pada 2018 ini. Hal itu terjadi seiring dengan semakin baiknya perekonomian global pada tahun lalu.

Melihat kondisi itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati enggan merevisi target pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2018. Meski pertumbuhan itu akan dipengaruhi oleh perekonomian global, namun merevisi rancangan APBN terlalu dini bukan pilihan bijak.

"APBN kita masih 5,4 persen (pertumbuhan ekonomi), baru jalan 1-2 minggu (2018), pakai itu saja dulu ya," ujarnya di Djakarta Theater, Rabu (10/1) malam.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu kembali menegaskan bahwa rancangan APBN 2018 ini tidak akan diutak-atik. Pasalnya, merumuskan APBN bukan perkara yang mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

"Ya itu juga termasuk, itu kan UU APBN, jadi enggak bisa ubah setiap menit atau setiap bulan, jadi kita masih menggunakan itu," terangnya.

"Nanti kalau situasi berubah yang tidak sama dengan asumsi itu, konsekuensinya kita harus kelola. Itu yang makanya selalu saya sampaikan, kita akan memantau apakah itu harga minyak, apakah itu tingkat suku bunga global, apakah itu berhubungan dengan gross dari luar negeri serta ekspor dan impor," tutup wanita yang akrab disapa Ani itu.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up