alexametrics

Menperin Perjuangkan Stimulus PPnBM Nol Persen Bakal Permanen

Syaratnya TKDN 80 Persen
10 Desember 2021, 16:54:41 WIB

JawaPos.com – Industri otomotif Indonesia mendapatkan secercah harapan menghadapi tahun depan. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mewacanakan stimulus pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) 100 persen secara permanen. Tujuannya, mempertahankan momentum bagi industri kendaraan roda empat dalam negeri.

Agus menyatakan, dia mengusulkan subsidi PPnBM bisa berlanjut secara permanen. Namun, kualifikasi produk yang mendapatkan stimulus harus diperketat.

“Saya siap memperjuangkan kebijakan PPnBM nol persen. Tapi, ada syaratnya,” ungkapnya saat membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Surabaya kemarin (9/12).

Pemikiran tersebut hadir karena Menperin melihat dampak signifikan yang dihasilkan dari insentif PPnBM kendaraan. Dengan stimulus untuk mobil dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 60 persen, pertumbuhan penjualan tumbuh sebanyak 64 persen. Padahal, industri otomotif merupakan salah satu sektor yang paling terpukul saat pandemi.

Namun, TKDN untuk bisa mendapatkan keistimewaan PPnBM DTP 100 persen harus mencapai 80 persen. Syarat itu bertujuan meningkatkan multiplier effect industri turunan dan penyokong lainnya.

“Saat ini ada 21 produsen kendaraan roda empat dengan kapasitas 35 juta unit per tahun. Tapi, perusahaan komponennya sendiri sudah mencapai 319 ribu dan sebagian besar masih berupa UMKM,” ujarnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (bil/agf/c12/dio)

Saksikan video menarik berikut ini: