alexametrics

Pembenahan Garuda, Mulai dari Memperbaiki Citra hingga Kinerja

10 Desember 2019, 12:48:25 WIB

JawaPos.com – Maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk harus segera mengambil langkah dalam memperbaiki citra maupun kinerja keuangannya pasca pemecatan pimpinan dan sejumlah jajaran direksi. Imbas dari kasus penyelundupan barang mewah sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Pengamat BUMN Toto Pranoto mengatakan, Garuda harus melakukan berbagai penyelesaian jangka pendek dan jangka panjang. Penyelesaian jangka pendek, hal utama Garuda harus memperbaiki citra buruk perusahaan di mata investor.

“Jadi reputasi harus ditegakkan kembali karena Garuda itu perusahaan terbuka, jadi perlu ada kepercayaan investor bahwa Garuda akan bergerak ke arah perbaikan. Itu pertama perbaikan yang lebih jelas,” ujarnya di Hotel Novotel Jakarta, Selasa (10/12).

Sementara untuk jangka panjang, kata Toto, Garuda harus menyehatkan kinerja keuangannya. Sebab, selama hampir tiga tahun belakangan Garuda melaporkan keuangan dalam kondisi rugi.

“Bisa nggak sekarang mereka (Garuda) melakukan perbaikan dari sisi pendapatan dengan menambah item pendapatan tidak hanya dari sisi penumpang saja tapi dari sektor logistiknya, pendapatan lain-lain yang bisa besar,” tuturnya.

Toto melanjutkan, perbaikan juga perlu dilakukan dari segi restrukturisasi, misalnya terkait biaya perawatan armada pesawat hingga mencari sumber bahan bakar yang lebih murah. “Sehingga kalau ada perbaikan dari segi pendapatan, dari segi biaya mestinya angka bottom line-nya bisa lebih naik. Itu jangka panjang yang harus dikerjakan,” tutup Toto.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads