alexametrics

Resmikan SPLU Pertama, Menteri Jonan Dihadang Badai

10 Desember 2018, 14:25:41 WIB

JawaPos.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meresmikan Pilot Project Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) 31.129.02 Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, (10/12).

Acara dimulai tepat waktu meski diiringi hujan deras dan petir yang bersahut-sahutan. Saat ini, Pemerintah tengah memfinalisasikan regulasi khusus guna mempercepat program Kendaraan Bermotor Listrik untuk transportasi jalan yang merupakan melalui Rancangan Peraturan Presiden (Perpres).

Saat menyampaikan sambutan ditengah-tengah Jonan harus berhenti bicara. Hal itu karena gangguan teknis pada microphone. Hujan pun semakin lebat diiringi oleh angin kencang.

“Ini kalau acara hujan gini biasanya penyelenggaranya pelit nih biar orang-orang gak pada datang,” canda Jonan seraya melanjutkan sambutannya.

Adapun, rancangan regulasi ini mencakup pengaturan kendaraan bermotor listrik yang penggerak utamanya menggunakan Motor Listrik dan mendapat pasokan sumber tenaga listrik dari Baterai atau Media Penyimpanan Energi Listrik lain secara langsung di dalam kendaraan maupun dari luar, sedangkan untuk kendaraan bermotor jenis hybrid mengikuti kebijakan Low Carbon Emmission Vehicle (LCEV). 

Penyediaan infrastruktur SPLU nantinya dilaksanakan oleh badan usaha bidang energi yang memiliki Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) dimana untuk pertama kali diberikan penugasan kepada PT PLN (Persero) dan dapat bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara bidang energi lainnya. 

Mengenai tarif SPLU telah ditetapkan dalam Permen ESDM No. 28/2016  tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero) melalui pengaturan Tarif Tenaga Listrik Untuk Keperluan Layanan Khusus yang bisa dipertimbangkan menjadi tarif tenaga listrik antara PT Pertamina (Persero) atan PT PGN (Persero) untuk SPLU. 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (uji/JPC)



Close Ads
Resmikan SPLU Pertama, Menteri Jonan Dihadang Badai