alexametrics

Minat Investasi Aset Berisiko Turun, Rupiah Hari Ini Sulit Bertahan

10 November 2021, 10:48:57 WIB

JawaPos.com – Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sepertinya sulit mempertahankan penguatannya hari ini karena penurunan selera investor terhadap aset berisiko. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi rupiah ada di level Rp 14.233 per dolar AS.

Pengamat keuangan Ariston Tjendra mengatakan, penurunan selera aset berisiko tinggi langaran indeks saham AS dan Eropa ditutup negatif kemarin dan pagi ini sebagian indeks Asia bergerak negatif.

“Nilai tukar rupiah kelihatannya sulit mempertahankan penguatannya hari ini terhadap dollar AS dengan pelaku pasar terlihat menarik diri dari aset berisiko pagi ini,” ujarnya kepada JawaPos.com, Rabu (10/11).

Menurutnya, pelaku pasar saat ini tengah mewaspadai kenaikan inflasi global yang bisa melambatkan pertumbuhan ekonomi. Pasar akan wait and see menunggu data inflasi dari 2 negara dengan perekonomian terbesar dunia.

“Pagi ini data inflasi China bulan Oktober akan dirilis, dan data inflasi AS akan dirilis di malam hari,” sebutnya.

Di sisi lain, faktor dari dalam negeri, kondisi ekonomi sudah ke arah yang lebih baik dengan pandemi terkendali dan banyak aktivitas ekonomi dilonggarkan. Ini mungkin bisa menjaga pelemahan tidak dalam.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads