alexametrics

Penjualan Eceran Triwulan III Diprediksi Tumbuh Melambat

10 Oktober 2019, 17:00:23 WIB

JawaPos.com – Penjualan eceran pada triwulan III 2019 diperkirakan tumbuh melambat. Berdasar survei Bank Indonesia (BI), penjualan eceran pada triwulan III ini hanya tumbuh 1,8 persen secara year-on-year (YoY). Angka itu lebih rendah daripada triwulan sebelumnya dengan pertumbuhan 4,2 persen dan pada triwulan III tahun sebelumnya yang mencapai 4,6 persen.

“Perlambatan penjualan tersebut terjadi pada hampir seluruh komoditas barang yang disurvei. Terutama subkelompok sandang,” jelas Direktur Eksekutif-Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko Rabu (9/10).

Selain itu, ada perkiraan penurunan penjualan pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor serta kelompok barang budaya dan rekreasi. Untuk prediksi penjualan eceran pada 3 dan 6 bulan mendatang, konsumen juga masih pesimistis.

Mereka memperkirakan penjualan eceran tiga bulan mendatang, yakni November 2019, dan enam bulan ke depan, tepatnya Februari 2020, akan menurun. Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran pada tiga bulan mendatang, yakni November 2019, diperkirakan lebih tinggi daripada bulan sebelumnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (ken/c7/oki)



Close Ads