JawaPos Radar

Gara-gara Gempa NTB, 300 Ribu Potensi Wisatawan Asing Raib

10/09/2018, 18:13 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Gara-gara Gempa NTB, 300 Ribu Potensi Wisatawan Asing Raib
Ilustrasi obyek wisata di Lombok (SIRTU/LOMBOK POST/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Sudah satu bulan lebih peristiwa gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) berlalu. Berbagai fasilitas rusak dan sejumlah aktifitas masyarakat juga ikut terhenti.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, dampak dari bencana alam tersebut juga berpotensi mengakibatkan hilangnya 100 ribu wisatawan mancanegara (wisman) setiap bulan. 

Saat ini, pihaknya berharap untuk sektor pariwisata bisa diperbaiki dan dipulihkan dalam waktu tiga bulan. Sehingga, potensi kehilangannya hanya 300 ribu wisman.

"Maka saya ditanya berapa lama recovery-nya? Kalau dari pariwisata lebih dari tiga bulan udah nggak tahan, makanya kita harapkan tiga bulan. Jadi 300 ribu kekurangan tahun ini," ujarnya kepada JawaPos.com di DPR, Jakarta, Senin (10/9).

Dia menjelaskan, total kehilangan 300 ribu wisman tersebut berasal tidak hanya dari NTB saja, melainkan juga wilayah lain. Sebab, kata dia, dampak bencana tersebut juga berimbas ke wilayah lainnya.

"Saya ceritakan yang sudah terjadi. Bali, itu erupsi bulan September - Desember 2017. Itu 1 juta. Di Bali sendiri 500 ribu. Jadi ketika Bali kena, semua juga turun," jelas dia.

"Sama juga ketika NTB kena gempa, Bali juga turun. Drastis penurunannya mulai tanggal 8. Secara total, dari Bali, dari NTB dari Indonesia secara keseluruhan," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up