alexametrics

Kemenparekraf Kucurkan Rp 60 Miliar untuk Pulihkan Sektor Pariwisata

10 Juni 2021, 19:01:13 WIB

JawaPos.com – Pemerintah terus melakukan berbagai terobosan untuk pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Salah satunya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan bantuan melalui program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP).

Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf Henky Manurung mengatakan, tahun ini pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp 60 miliar. Selain itu kementerian juga punya rencana pemberian Dana Hibah Pariwisata jilid II, sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Ia menjelaskan lebih jauh, pihaknya telah mengeluarkan dana sebesar Rp 3,3 triliun sepanjang 2020, termasuk untuk hotel dan restoran. Dana tersebut termasuk dalam bagian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selain itu, pemerintah juga akan melanjutkan berbagai program stimulus yang sudah berjalan, misalnya subsidi bunga, restrukturisasi kredit dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata. Ia menyebut, terdapat secercah optimisme pertumbuhan di sektor pariwisata dapat terwujud.

Hal itu tecermin dari perekonomian di daerah wisata. Misalnya, Jogjakarta yang sekarang tumbuh di angka 6 persen dan diikuti oleh pertumbuhan angka okupansi hotelnya.

“Dengan situasi sekarang ini sebenarnya masyarakat rindu untuk berwisata tetapi tetap dengan menjaga protokol kesehatan,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (10/6).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads