alexametrics

Panen Padi 500 Hektare, ACT Siap Bantu Wujudkan Kedaulatan Pangan

10 April 2021, 14:58:22 WIB

JawaPos.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) berhasil melakukan panen raya padi di lahan 500 hektare yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Proyek pangan ini sendiri dibiayi dari dana wakaf.

Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, pihaknya juga berkolaborasi dengan Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP3I) melalui Gema Petani dalam panen raya ini. Dia berharap panen raya ini membantu kedaulatan pangan Indonesia.

“Alhamdulillah kita bersyukur, beberapa hari lalu sudah ada yang panen dan inilah spirit kita untuk kedaulatan pangan Indonesia,” kata Ibnu kepada wartawan, Sabtu (10/4).

Ibnu menuturkan, dengan keadaan pandemi Covid-19 ini semua negara berputar otak memikirkam cadangan pangan negaranya. Oleh karena itu, para petani memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas pangan di negeri ini. “Kami ingin semangati petani kita. Bagaimanapun bangsa ini dengan tanah yang luas kita berdaulat secara pangan,” imbuhnya.

Menurut dia, dengan menggandeng YP31, maka kekuatan pesantren bisa membantu untuk mewujukan kedaulatan pangan. “Pesantren, dan masjid terus didukung untuk mendukung pemerintah soal kedaulatan pangan maka insya Allah kolaborasi yang luar biasa untuk kesejahteraan Indonesia ke depan,” jelasnya.

Melalui cara seperti ini, ACT berharap para petani tidak menjual tanah lahannya. Kemudian melakukan cocok tanam dengan lahan yang dimiliki. Sehingga dapat menghasilkan bahan pangan. “ACT mengajak kolaborasi dengan multi pihak, apakah sedekah, apakah wakaf, kita himpun bersama untuk modal petani agar berkah,” ucap Ibnu.

Sementara itu, perwakilam dari Kodam Brawijaya, Kolonel Inf. Ahmad Basuki menambahkan, pihaknya mendukung gerakan ini. Sebab, dengan cara pertanian semacam imi bisa memberikan penghidupan bagi warga di tengah pandemi Covid-19. “Oleh karena itu, gerakan wakaf ini kami dari TNI-Polri sangat mendukung,” kata Ahmad.

TNI AD juga menyatakan siap membantu memajukan petani. “Ke depan saat pandemi raya untuk bisa mengundang para Dandim biar bisa melihat proyek, bisa berbicara dengan masyarakat,” pungkas Ahmad.

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads