alexametrics

Tol Pejagan-Pemalang Diresmikan, Rest Area Diminta Diisi Kuliner Lokal

9 November 2018, 17:51:19 WIB

JawaPos.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 Brebes Timur-Sewaka dan jalan tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang, Jumat (9/11). Eksistensi kedua ruas tol ini merupakan perwujudan keseriusan dalam mendorong konektivitas antarwilayah.

Jokowi, sapaan karib sang Presiden berujar, konektivitas antarwilayah yang semakin baik mampu memberikan dampak positif berupa munculnya titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di seluruh Indonesia. Berujung pada terdongkraknya pemerataan pembangunan, sehingga menciptaan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat. 

Selain itu, konektivitas antarwilayah yang dibangun juga membuat distribusi barang dan jasa semakin lancar. “Batang-Semarang akan selesai Desember, Salatiga-Kartasura juga selesai Desember, Sragen-Ngawi selesai pada akhir November, Nganjuk-Wilangan akan selesai Desember,” urainya.

Joko Widodo
Jokowi meminta Menteri BUMN, Menteri PUPR, dan bupati/wali kota setempat guna memastikan kehadiran aneka produk dan jajanan kuliner khas daerah di rest area-nya. (Istimewa)

Sehingga, seluruh jalur itu akan membuat Merak-Surabaya sepanjang total 870 km tersambung. Targetnya Desember tahun ini. Beberapa titik, pembangunannya juga bakal dikebut agar segera dapat dioperasikan. “Tinggal kita menyelesaikan dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai pada tahun 2019 yang akan datang,” sambung Mantan Wali Kota Solo itu.

Di samping itu, ia juga meminta Menteri BUMN, Menteri PUPR, dan bupati/wali kota setempat guna memastikan kehadiran aneka produk dan jajanan kuliner khas daerah di rest area-nya. Sebut saja telur asin Brebes, sate Tegal, dan sebagainya.

“Artinya yang ada di rest area itu bukan produk-produk impor, tetapi betul-betul brand lokal, brand daerah, brand Indonesia. Siapa yang masuk nanti semuanya harus diseleksi,” cetusnya.

Pencet bel peresmian tol kali ini selain dihadiri Jokowi, juga diikuti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Nampak pula Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen serta Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk I Gusti Ngurah Putra.

I Gusti Ngurah Putra menjelaskan, total panjang ruas tol Pejagan-Pemalang adalah 57,5 km. Meliputi seksi 1 dan 2 sepanjang 20 km dari Pejagan, Brebes Timur telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Juli 2016 dan sampai saat ini beroperasi dengan baik. PT Waskita sendiri memperoleh konsesi ruas tol ini pada tahun 2014 dengan nilai investasi total Rp 7,6 triliun. Dibiayai oleh modal perusahaan beserta loan dari sindikasi 14 bank.

“Ruas tol Pejagan-Pemalang yang merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa memiliki tiga akses pintu tol yaitu Brebes Barat, Brebes Timur dan Tegal. Total panjang akses masuk dan keluar tol mencapai lebih kurang sembilan km,” tambahnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Tol Pejagan-Pemalang Diresmikan, Rest Area Diminta Diisi Kuliner Lokal