alexametrics

JK Ingin Buku ‘Leadership in Practice’ jadi Inspirasi bagi Masyarakat

9 Oktober 2019, 20:00:22 WIB

JawaPos.com – Pakar manajemen yang juga Guru Besar Universitas Indonesia Rhenald Kasali kembali merilis buku anyar yang ditulis bersama Asmawi Syam. Wapres Jusuf Kalla (JK) hadir langsung dalam peluncuran berjudul Leadership in Practice di Jakarta, Selasa (8/10).

Dalam sambutannya, JK menyampaikan selamat kepada Rhenald dan Asmawi. Secara khusus, JK juga sempat menyinggung kenangannya ketika Asmawi baru lulus sarjana ekonomi di Universitas Hasanuddin (Unhas).

Mantan Dirut BRI itu sempat meminta restu kepada JK ketika ingin mencari pengalaman dan bekerja di Jakarta. “Buku ini berisi pengalaman Pak Asmawi. Pengalaman yang menjadi teori,” tutur JK.

Dia berharap buku tersebut bisa menginspirasi para pemimpin atau masyarakat pada umumnya. Bagi JK, urusan kepemimpinan adalah suatu teori yang menarik untuk dipelajari.

Dia berharap pengalaman Asmawi memimpin BRI serta cara menghadapi masyarakat luas bisa menjadi pelajaran penting. Menurut JK, kepemimpinan itu bukanlah atasan. “Tapi, lebih tinggi dari itu,” katanya.

JK menuturkan, kepemimpinan tersebut adalah bagaimana bisa diikuti dan ditaati. Pada peluncuran buku itu masih diliputi suasana dukacita atas meninggalnya Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie.

Asmawi bahkan naik ke podium untuk memimpin doa bagi arwah Habibie. “Ada tiga hal keinginan Pak Habibie terkait buku ini sebelum beliau wafat,” jelasnya.

Pertama, Habibie ingin menulis kata sambutan buku tersebut. Keinginan itu tercapai.

Sebelum menulis kata sambutan, tutur Asmawi, Habibie sempat membaca draf buku tersebut. Pada saat itu, Habibie sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Kedua, Habibie ingin hadir pada saat peluncuran buku.

“Manusia hanya bisa berencana. Tuhan yang menentukan,” ucap Asmawi.

Ketiga, Habibie ingin buku yang ditulis bersama Rhenald itu dibaca banyak orang. Habibie juga sempat menyinggung soal BRI. Menurut dia, BRI memiliki peran besar dalam mendukung industri nasional.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (wan/c5/oki)



Close Ads