JawaPos Radar

Tingkatkan Produksi Padi, Pemerintah Bangun Bendungan di Sikka NTT

08/12/2016, 01:48 WIB | Editor: Mochamad Nur
Tingkatkan Produksi Padi, Pemerintah Bangun Bendungan di Sikka NTT
Ilustrasi (Dok JPNN)
Share this

JawaPos.com - Kebijakan pemerintah menggenjot produksi pertanian lewat menyediaan infrastuktur yang memadai terus dikembangkan. 

Salah satunya, dilakukan dengan merealisasikan pembangunan  Bendungan Napun Gete , Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sepanjang  2016,  sudah ada tujuh dari delapan bendungan yang kita programkan untuk dibangun  telah dilaksanakan. Minggu depan masih ada lagi bendungan Sukamahi yang akan ditandatangani kontraknya, sehingga  target pembangunan 8 bendungan sepanjang tahun ini  dapat tercapai,” tutur Dirjen SDA Imam Santoso di Jakarta, Rabu (7/12).

Bendungan Napun Gete nantinya memiliki volume tampungan sebanyak 7,63 juta meter kubik, direncanakan dapat mengairi irigasi seluas 700 hektar.

Selain itu, bendungan ini juga  menyediakan air baku sebanyak 0,20 meter kubik per detik dan memiliki potensi pembangkit tenaga listrik sebesar 0,71 megawatt. 

Memiliki nilai kontrak Rp 849,9 miliar, bendungan Napun Gete direncanakan selesai dalam waktu 5 tahun.

“Saya selalu mengingatkan kontraktor, kita memacu untuk mempercepat progres, jadi kalau normalnya 5 tahun,  kita ingin  3 tahun bisa selesai dengan kuailitas yang baik,” tutur Imam.

Ia berharap Pemda Kabupaten Sikka bisa mempercepat tersebut pembebasan lahannya. Bendungan Napun Gete, membutuhkan lahan seluas 161 hektar. , Bupati Sikka menagatakan pihaknya telah membebaskan 24 hektar.

“Seluruh lahan akan dibebaskan sepenuhnya oleh Pemkab Sikka dan masyarakat sendiri siap mendukung, 2016 ini baru bisa membebaskan 24 hektar, sedangkan sisanya sudah dianggarkan dalam APBD 2017, harapan kami pekerjaan ini tidak sampai 5 tahun,” tutur Yoseph.(nas/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up