alexametrics

Ini Alasan Rumah Untuk ASN, TNI dan Polri Fokus di Kota

8 November 2018, 20:00:49 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo mendorong jajarannya agar mempercepat proses penyediaan rumah layak bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Mantan Wali Kota Solo itu meminta para menteri memenuhi kebutuhan hunian sebanyak 945 ribu bagi ASN, 275 ribu prajurit TNI, dan 360 ribu Polri. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengakui jika saat ini penyediaan rumah murah untuk ASN, TNI, Polri fokus di wilayah perkotaan. Padahal, penyediaan rumah murah di wilayah perkotaan sangat sulit dilakukan lantaran harga tanah yang semakin mahal.

“(Program) Ini berlaku untuk di seluruh Indonesia, tapi memang yang paling berat adalah yang di kota. Karena harga tanahnya paling mahal. Jadi, kemarin Presiden menegaskan bahwa harus ada upaya khusus untuk penyediaan lahan di perkotaan. Sehingga bisa dibangun rusunami, yang bisa diakses dengan skema tersebut,” ujarnya di Kementerian PPN, Jakarta, Kamis (8/11).

Mantan Menteri Keuangan ini menegaskan jika dalam program ini para ASN, TNI dan Polri bisa mendapatkan rumah tanpa uang muka dan tenor maksimal selama 30 tahun, maka saat ini, program itu telah berjalan dan dimanfaatkan. 

“Pembayaran cicilan itu bisa sampai melewati usia pensiun. Di beberapa kementerian lembaga, TNI, Polri sudah menjalani. Kalau engak salah catatan terakhir sudah 500 yang menggunakan skema tersebut. ASN, TNI, Polri,” tandasnya.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (hap/JPC)

Copy Editor :

Ini Alasan Rumah Untuk ASN, TNI dan Polri Fokus di Kota