alexametrics

Bahlil: Groundbreaking Pabrik Baterai Kendaraan Listrik 15 September

8 September 2021, 16:35:11 WIB

JawaPos.com – Kementerian Investasi menyampaikan, rencana pembangunan industri baterai kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia akan segera terwujud. Karena groundbreaking pabrik baterai kendaraan listrik segera dilaksanakan.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan, hal itu ditandai dengan rencana pemasangan tiang pancang (groundbreaking) pabrik baterai kendaraan listrik pada 15 September 2021 mendatang.

“Kita sudah mulai groundbreaking pembangunan pabrik LG yang kami teken di awal tahun 2021. Jadi kita bangun bukan dari hulu, dari hilir,” ujarnya secara virtual, Rabu (8/9).

Bahlil mengatakan, tahap awal proyek ini akan membangun pabrik dengan kapasitas daya 10 giga watt hours (GWh). “Starting-nya adalah bangun baterai selnya dulu 10 giga dengan nilai investasi pertama USD 1,2 miliar Insyaallah 15 September ini groundbreaking jalan,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan pabrik baterai listrik ini merupakan strategi berkelanjutan agar sumber daya alam Indonesia terkuras dalam bentuk ekspor bahan mentah saja. Sehingga, rencana transformasi ekonomi berkelanjutan dapat terwujud melalui peningkatan hilirisasi industri.

“Kalau kirim mentah, mengirim tanah air. Memang saya akui nggak gampang melakukan ini,” ucapnya.

Bahlil menambahkan, dengan potensi kekayaan alam Indonesia harus dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya, Indonesia memiliki sumber daya alam kayu log namun belum ada perusahaan besar Indonesia yang masuk menjadi pemain dunia. Begitu juga dengan tambang emas dan perikanan, yang pembangunan industrinya disebut masih kalah dengan negara lain.

“Alhamdulillah sekarang kita pengin Indonesia harus menjadi salah satu negara produsen terbesar untuk pembangunan baterai mobil,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads