alexametrics

Mendag Siap Hadapi Gugatan soal Minyak Goreng di PTUN

8 Juni 2022, 14:39:28 WIB

JawaPos.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa dirinya siap menghadapi layangan gugatan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) oleh Sawit Watch dan organisasi lainnya. Hal ini terkait kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng.

Ia mengatakan, gugatan yang ditujukan kepada dirinya serta Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merupakan bentuk kebebasan demokrasi. Untuk itu, selaku Mendag, dirinya akan bertanggung jawab sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Tentunya saya sebagai rakyat Indonesia merasa musti bertanggung jawab jadi kita akan hadapi di PTUN itu. Dan kita akan hadapi sesuai dengan hukum,” kata dia kepada wartawan dikutip, Rabu (8/6).

Untuk diketahui bahwa terdapat organisasi lingkungan, seperti Sawit Watch yang melayangkan gugatan kepada Presiden Jokowi dan Mendag Muhammad Lutfi terkait kelangkaan dan kenaikan minyak goreng.

Sebelumnya, Deputi Direktur Sawit Watch Achmad Surambo mengatakan, gugatan tersebut adalah upaya tindak lanjut dari keberatan administrasi yang pernah disampaikan pada 22 April kepada Mendag. Gugatan menyebutkan kegagalan Jokowi dan Mendag dalam menjaga harga minyak goreng dan kelangkaan minyak goreng.

Kebijakan larangan ekspor minyak sawit mentah per 28 April pun dirasa belum secara signifikan mengatasi masalah minyak goreng di Tanah Air. Pasalnya, itu malah membuat banyak petani mengalami kerugian.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: