alexametrics

Pesawat Angkut Mobil Ferrari, ini Penjelasan Garuda

7 Desember 2019, 14:09:13 WIB

JawaPos.com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk merespons terkait beredarnya informasi dan video di media sosial terkait mobil Ferrari berwarna merah dalam pesawat Garuda. Vice President Corporate Secretary M. Ikhsan Rosan menjelaskan, mobil tersebut merupakan barang kargo yang secara legal diangkut dari Jakarta tujuan London Heathrow dengan pesawat Garuda Indonesia GA086 jenis B-777-300ER pada tanggal 9 Oktober 2018.

“Mobil Ferrari tersebut adalah milik seseorang yang menggunakan jasa kargo Garuda Indonesia untuk pengiriman dari Jakarta ke London. Mobil tersebut juga telah melalui prosedur kepabeanan resmi,” ujarnya dalam siaran persnya, Sabtu (7/12).

Adapun lokasi pengambilan gambar adalah di bandara Heathrow London ketika kargo berupa mobil Ferrari tersebut diturunkan dari pesawat. “Selain mengangkut mobil dalam penerbangannnya, Garuda Indonesia juga pernah mengangkut Panda dengan penanganan khusus dari Chengdu, Tiongkok, ke Jakarta pada september 2017 lalu,” kata Ikhsan.

Sebagai informasi, beberapa hari terakhir pemberitaan dihebohkan dengan barang-barang mewah yang diangkut pesawat terbaru Garuda Indonesia yakni Airbus330-900 seri Neo, dari pabriknya di Perancis. Bukan lantaran harganya yang selangit, namun yang menjadi masalah adalah barang-barang tersebut diangkut tak prosedural.

Barang-barang tersebut yaitu satu unit motor Harley Davidson bekas, yang sudah dalam keadaan terurai, dan dimasukkan ke dalam 15 koli. Serta dua unit sepeda Brompton dan aksesorisnya yang dibungkus dalam tiga koli.

Hasil pemeriksaan Bea Cukai dan pihak terkait, sepeda motor Harley Davidson senilai Rp 800 juta itu ternyata milik Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara. Merespons dugaan penyalahgunaan wewenang tersebut, Ari pun diberhentikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Bersamaan dengan kabar hangat tunggangan mewah milik Ari Askhara, beredar informasi tentang adanya mobil Ferrari yang juga diangkut oleh maskapai pelat merah tersebut. Namun, ternyata barang mewah yang satu ini merupakan paket kargo legal.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads