JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hindari Sengketa Lahan Dengan Cheil Jedang, Luhut Cari Solusi

07 Desember 2018, 09:23:32 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Hindari Sengketa Lahan Dengan Cheil Jedang, Luhut Cari Solusi
Ilustrasi (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sedang mencari jalan keluar dari permasalahan sewa lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI)  PT Cheil Jedang Indonesia (CJI). Mereka menilai tarif sewa lahan yang diberikan oleh KAI semakin membengkak.

"Penyelesaian sedang dirumuskan," ujarnya di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Kamis (6/12) malam.

Luhut menceritakan, permasalahan sewa lahan ini bermula saat CJI membangun pabrik di salah satu wilayah Pulau Jawa pada 1990 silam. Pembangunan pabrik seluas 60 hektar  itu memakan jalur kereta api yang sedang tidak terpakai.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan itu terus berkembang. Hal ini membuat perusahaan asal Negeri Ginseng itu bertahan lama di kawasan tersebut.

"Nah dari KAI, karena tanah itu masih bekas rel KA, mereka minta sewa. Minta sewanya itu naik-naik terus, jadi perusahannya ini khawatir. Tadi akhirnya Pak Edy, Dirut KAI, paham masalah ini, jadi kita akan selesaikan," ungkapnya.

Diketahui, pabrik itu memiliki kontrak jangka panjang. Sayang, tidak disebutkan detil berapa lama durasinya. Hanya saja, pemerintah perlu mencari jalan keluar agar permasalahan tersebut tidak menjadi sengketa.

"Ya kontraknya jangka panjang, sampai pabrik itu tidak beroprasi lagi. Jadi bayarannya berapa gitu," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up