alexametrics

Bukan Hanya Karena Gaji, Ini Alasan Karyawan Nekat Resign

7 Desember 2018, 06:48:55 WIB

JawaPos.com – Di tengah sulitnya persaingan mendapat pekerjaan yang terjadi saat ini, ada sebagian orang yang berpikir ingin keluar dari pekerjaan alias resign. Alasannya bermacam-macam.

Lazimnya, seorang karyawan memilih resign dari tempat kerja mereka lantaran ingin mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi lagi. 

Nyatanya, ada beberapa alasan lain dimiliki seseorang saat hendak memutuskan resign dari kantornya. Mercer layanan konsultasi kesehatan, pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) berbasis teknologi telah melakukan survei kepada 545 perusahaan yang terdiri dari perusahaan nasional maupun multi nasional di Asia.

Hasilnya menyebutkan rata-rata alasan karyawan yang mengajukan resign bukan hanya karena gaji yang tak kunjung naik, melainkan jenjang karir yang jalan ditempat.

“Alasan utamanya mereka merasa kesempatan berkarir dan berkembang itu kurang,” kata Career Business Leader Mercer Indonesia Astrid Suryapranata di Jakarta, Kamis (6/12).

Adapun saat disurvei, mereka yang memilih resign merupakan talenta-talenta terbaik perusahaan. Artinya mereka merupakan potential talent dan high contributor. Dia menyebut lebih dari 40 persen perusahaan mengatakan setiap empat orang yang keluar, dua diantaranya adalah memiliki talenta.

Selain perkembangan karir gaji yang kurang kompetitif juga tetap jadi pertimbangan, selain itu ada juga masalah benefit atau tunjangan yang dirasa kurang kompetitif. Meski alasan seperti ketidakcocokan dengan partner kerja atau atasan juga bisa jadi penyebab seseorang memutuskan resign dari pekerjaannya.

“Ini jadi hal yang matching bahwa yang keluar itu banyak mereka yang emang talent atau yang penting di perusahaannya. Sehingga mereka harus diperhatikan dari sisi income dan kesempatan untuk berkembang di perusahaan,” jelasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (uji/JPC)

Close Ads
Bukan Hanya Karena Gaji, Ini Alasan Karyawan Nekat Resign