JawaPos Radar

Erick Thohir, Pengusaha Kaya Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf Amin

07/09/2018, 19:28 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Erick Thohir, Pengusaha Kaya Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf Amin
Erick Thohir (Dok Satria Muda Pertamina)
Share this image

JawaPos.com - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin resmi menetapkan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin. Siapa sih sosok pemilik Mahaka Group itu?

Dilansir dari berbagai sumber, Erick Thohir lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Dia adalah anak dari Muhammad Teddy Thohir (salah satu founder Astra Internasional). Erick juga merupakan adik dari pengusaha batu bara terkenal, Garibaldi Thohir. Dirinya merupakan lulusan dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat, dan Glendale University.

Nama Erick Thohir menjadi kemudian populer setelah menjadi ketua dari Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) 2018.

Dirinya merupakan salah satu sosok yang berperan besar membawa Indonesia berada di peringkat 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. 

Sosok Erick di kancah bisnis Tanah Air sudah tidak diragukan lagi. Dia merupakan pendiri dan komisaris utama Mahaka Grup. Mahaka Grup merupakan unit usaha yang bergerak di bidang digital dan periklanan.

Kepopuleran Erick saat ini bukanlah hal baru. Ekspansi bisnisnya dengan membeli 70 persen saham klub raksasa sepak bola Internazionale Milano (Inter Milan) pada 15 Oktober 2013 setelah melalui proses panjang. Satu bulan berselang, Erick dipercaya sebagai presiden klub Inter Milano menggantikan Moratti hingga saat ini. 

Selain itu, Erick Thohir kini masih menjabat sebagai presiden dari klub sepak bola Italia, Inter Milan yang masih mempertahankan 31 persen kepemilikan di Inter dengan saham mayoritas sebesar 68,55 persen diakuisisi Suning Group pada Juni 2016. Ia juga sempat menjadi pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Saat ini, Erick juga merupakan Erick Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk periode 2015-2019.

Dirinya juga memiliki berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM dan Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) Harian Republika, Golf Digest, lalu Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up