alexametrics

Kadin Prediksi Dampak Virus Korona Bisa Turunkan PDB RI 0,3 Persen

7 Februari 2020, 19:45:39 WIB

JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengaku wabah virus korona yang berasal dari Tiongkok dan menyebar ke beberapa negara menciptakan efek domino pada perekonomian global. Indonesia juga tak lepas dari imbas wabah ini.

Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani memperkirakan, virus korona dapat membuat pertumbuhan ekonomi Tiongkok terkoreksi 1-1,5 persen, menjadi 4,5 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia juga diprediksi akan ikut melorot 0,3 persen.

Rosan menjelaskan, penurunan pertumbuhan ekonomi RI dikarenakan kegiatan perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok. Sebagaimana diketahui, Tiongkok merupakan mitra dagang utama, lebih besar dibandingkan Amerika Serikat (AS).

“Dampaknya 0,3 persen ke Indonesia, karena Tiongkok partner (perdagangan) terbesar kita, ujarnya di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Jumat (7/2).

Kadin pun meminta pemerintah terus mencermati perkembangan penyebaran virus tersebut. Sehingga dapat mengantisipasi potensi perlambatan ekonomi.

Di sisi lain, Kadin mengapresiasi terobosan pemerintah menyusun Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Perpajakan dan Omnibus Law Cipta Kerja. “Omnibus Law Cipta Kerja dan Perpajakan melibatkan kami dunia usaha untuk beri masukan agar bisa berjalan baik,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads