alexametrics

Menko Darmin Optimistis Ekonomi Tahun Politik Lebih Tinggi 5,17 Persen

7 Februari 2019, 08:10:19 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis masih ada ruang pertumbuhan ekonomi di tahun politik. Ia meyakini ekonomi 2019 bisa tumbuh lebih baik dari 2018, dan mampu tumbuh sebesar 5,17 persen.

Meski meleset dari target yang dibidik pemerintah sebesar 5,4 persen dalam APBN 2019, namun capaian tersebut merupakan yang tertinggi selama kurun waktu empat tahun terakhir.

“Kalau saya melihat dengan pertumbuhan yang relatif, baik pertumbuhan ekonomi kita tahun 2019 itu relatif baik dibanding dengan 2018,” kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/2).

Dia menjelaskan, ekonomi dunia sudah mulai membaik. Hal itu dapat dilihat dari pergerakan nilai tukar. “Kita tidak lagi habis tenaga untuk mencoba menahan, jangan merosot terus Rupiahnya,” terangnya.

Meski Rupiah belum kembali ke posisi awal 2018 lalu, namun sudah mengarah ke Rp 13.000 per dolar. Ia juga optimistis bila pertumbuhan ekonomi per kuartal pada 2019 bisa lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Jangan terpengaruh betul dengan seasonal, itu biasanya yang paling rendah pertumbuhannya itu kuartal I, tapi dia dibanding kuartal I tahun lalu, ya mestinya di atas. Sampai dengan kuartal ke-IV (tahun 2019),” terangnya.

Adapun, Menko Darmin juga menjelaskan salah satu faktor pertumbuhan ekonomi di suatu negara dipengaruhi oleh komposisi belanja yang ditetapkan pemerintah.

Diakui Darmin, selama lima tahun terakhir pemerintah Presiden Joko Widodo memang fokus membelanjakan anggaran untuk membenahi infrastruktur. Hal itu menjadi pengorbanan yang harus dilakukan sebab pembangunan infrastruktur sudah terlambat belasan tahun lamanya.

“Tanpa itu dibenahi, kita itu sudah terkendala oleh pertumbuhan industri macam-macam,” kata Darmin.

Setelah infrastruktur dibenahi, kata Darmin, bisa saja pemerintah membuat kebijakan yang mendorong ekonomi tumbuh lebih tinggi lagi. Namun bukan berarti infrastruktur tidak dibangun lagi setelahnya. Infrastruktur tetap akan dibangun, meski tak semasif empat tahun terakhir.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Uji Sukma Medianti



Close Ads
Menko Darmin Optimistis Ekonomi Tahun Politik Lebih Tinggi 5,17 Persen