Begini Cara Dirut MIND ID Pastikan Good Mining Practice

6 Desember 2022, 20:53:37 WIB

JawaPos.com – Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso terus mendorong perusahaan yang tergabung dalam BUMN holding industri pertambangan, MIND ID untuk melaksanakan praktik-praktik pertambangan yang baik, termasuk pemenuhan kewajiban pemulihan lingkungan pasca tambang.

Untuk menunjukan keseriusannya, MIND ID telah menempatkan dana jaminan reklamasi senilai Rp 534,4 miliar per Desember 2021.

“Sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam strategis Indonesia, kami memastikan perubahan bentang alam dilakukan secara terencana, sehingga mampu meminimalkan dampak operasional dan mengoptimalkan hasil pemrosesan mineral,” kata Hendi dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Kebijakan reklamasi MIND ID mengacu kepada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara. Perseroan berkomitmen melaksanakan kewajiban reklamasi dan pasca tambang dengan tingkat keberhasilan 100 persen.

Selain kewajiban reklamasi, MIND ID juga melaksanakan kewajiban rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS). Pada tahun ini, MIND ID merencanakan rehabilitasi daerah aliran sungai seluas 3.641 hektare. Adapun total luas penanaman dan pemeliharaan program rehabilitasi daerah aliran sungai telah mencapai lebih dari 60 persen hingga pertengahan tahun 2022.

Hendi juga menuturkan bahwa pihaknya terus memperhatikan aspek keberlanjutan pada setiap kegiatan operasional sesuai dengan peta jalan keberlanjutan MIND ID.

“Kami konsisten menjalankan upaya ini secara maksimal sesuai dengan regulasi yang berlaku, baik Kementerian LHK maupun Kementerian ESDM. Kami juga berupaya memenuhi standar International Council on Mining and Metals (ICMM) sebagai wujud nyata implementasi tata kelola operasional yang sesuai dengan standar kelas dunia,” kata Hendi.

Penerapan green mining dalam koridor good mining practice, MIND ID melihat bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Environmental, Social, and Governance (ESG) merupakan hal penting serta sebuah investasi dan akan kembali kepada pengelolaan korporasi.

Bukti kerja nyata MIND ID dalam good mining pratice pun diganjar dengan meraih penghargaan Kaidah Pertambangan yang baik (Good Mining Practice) dari Kementerian ESDM (KESDM).

Penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah kepada MIND ID yang dinilai berhasil menerapkan aspek-aspek Keselamatan Pertambangan, Lingkungan Hidup, Konservasi Mineral dan Batubara, Pengelolaan Teknik Pertambangan, serta Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan.

Lebih lanjut Hendi menyebutkan aspek-aspek good mining practice sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengelolaan kegiatan operasional perusahaan.

“Penghargaan ini menjadi refleksi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan seluruh aspek tersebut di masa yang akan datang, sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan,” ungkap Hendi.

Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang baik merupakan apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM kepada pelaku kegiatan pertambangan mineral dan batu bara yang berhasil menerapkan good mining practice.

Editor : Eko D. Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads