alexametrics

Cegah Direksi Dan Komisaris Titipan, Erick Thohir Libatkan Menkeu

6 Desember 2019, 10:30:08 WIB

JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mulai mengisi kekosongan jabatan Direksi dan Komisaris di perusahaan pelat merah dengan sangat selektif. Erick menjabarkan, seluruh proses pemilihan pejabat BUMN nantinya akan melalui Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo. Nantinya, dalam memilih pejabat ada beberapa persetujuan dari menteri terkait.

Misalnya saja, kata Erick, dalam penunjukan pejabat di perusahaan jasa keuangan akan melibatkan beberapa menteri termasuk persetujuan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

“Jadi seperti di perbankan selain memang kita mengomunikasikan kepada pihak OJK tetapi untuk perbankan Ibu Sri Mulyani (Menkeu) juga ikut tanda tangan sekarang,” ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Selain itu, Erick juga menegaskan, proses pemilihan pejabat di perusahaan BUMN akan dilakukan secara transparan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pejabat titipan. “Selain tentu proses yang sangat transparan dan penilaian dari para calon tersebut,” ucapnya.

Erick menambahkan, pemilihan lewat TPA tersebut juga akan dilakukan kepada Direksi dan komisaris PT Garuda Indonesia Tbk. Sebab, rencananya Erick akan merombak jajaran manajemen di tubuh maskapai penerbangan tersebut.

“Karena itu sama di Garuda, kita akan lakukan total. Tidak hanya Direksi, tapi Komisaris dan di industri pesawat terbangnya. Apakah kapabel untuk bersaing,” tandas Erick.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads