alexametrics

Infrastruktur Terhubung Sumber Pertumbuhan Ekonomi

6 November 2019, 19:12:04 WIB

JawaPos.com – Periode kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan fokus pada, salah satunya, pembangunan sumber daya manusia (SDM). Namun, bisa dipastikan, Jokowi tetap akan melanjutkan pembangunan infrastruktur hingga ke daerah-daerah. Meneruskan apa yang telah dilakukan pada periode pertama.

Meski sejumlah pihak memandang sebelah mata pentingnya membangun infrastruktur, Jokowi bersikukuh hal itu tetap akan ia kerjakan bersama Kabinet Indonesia Maju. Kepada pihak-pihak yang belum mengerti pentingnya infrastruktur, Jokowi pun menceritakan sedikit gambaran kondisi di Indonesia timur.

“Jangan kita merasa (infrastruktur) sudah bagus di lingkungan kita. Jakarta iya, infrastruktur iya (bagus). Coba Bapak/Ibu sekalian pergi ke Papua,” katanya, Rabu (6/11).

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, kondisi di Jayapura saja masih lumayan baik. Ia lantas meminta semua pihak menengok kondisi infrastruktur di Nduga, salah satu kabupaten di Papua.

Jokowi menceritakan saat mengunjungi Nduga empat tahun lalu, tidak ada jalan aspal di sana. Kalau harus berjalan kaki, maka perjalanan dari Wamena ke Nduga memakan waktu hingga empat hari empat malam.

“Bayangkan bagaimana logistik dan pelayanan kesehatan di sana. Itulah negara kita,” imbuh mantan Wali Kota Surakarta itu.

Jokowi tentu tidak berjalan kaki menempuh perjalanan tersebut. Melainkan, menggunakan helikopter.

“Saya naik heli. Aspal satu meterpun enggak ada, di ibu kota kabupaten. Betapa gap infrastruktur di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur seperti itu,” katanya.

Oleh karena itu, ia menegaskan lima tahun ke depan, pemerintah akan melanjutkan pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok daerah. Bedanya, infrastruktur yang dibangun akan lebih fokus menghubungkan masyarakat ke sumber-sumber pertumbuhan ekonomi.

“Kalau ada jalan tol, sambungkan dengan kawasan industri, sambungkan ke kawasan wisata. Airport pun harus disambung ke kawasan pertumbuhan ekonomi. Pelabuhan sambungkan dengan kawasan industri,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati



Close Ads