JawaPos Radar | Iklan Jitu

MRT Jakarta Lintas HI - Lebak Bulus Selesai 97 Persen

Siap Beroperasi Maret 2019

06 November 2018, 19:10:12 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
MRT Jakarta Lintas HI - Lebak Bulus Selesai 97 Persen
Arahan Presiden sangat menantang, beliau ingin kita sudah segera mulai pembangunan fase II ke Stasiun Kota. (Dokumentasi BKIP Kementerian Perhubungan)
Share this

JawaPos.com - Progres pekerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta lintas Lebak Bulus - Bundaran HI sudah mencapai 97 persen. Proyek ini ditargetkan sudah beroperasi sepenuhnya pada Maret 2019. 

“Kita mencoba MRT dari Bundaran HI sampai Lebak Bulus sepanjang 16 km. Proyek ini telah selesai 97 persen, jadi kurang 3 persen, kita harapkan Maret 2019 sudah selesai. Ini uji coba terus,” kata Presiden Jokowi, Selasa (6/11).

Mantan Wali Kota Solo itu berharap pembangunan MRT fase dua dari Bundaran HI sampai Ancol dapat dimulai pada awal tahun depan, serta paralel dengan dimulainya pembangunan MRT jalur timur barat (lintas Balaraja-Cikarang).

“Kita harapkan juga untuk tahap kedua, HI sampai Ancol dapat dimulai pada awal tahun depan. Dan (secara) paralel, yang timur dan baratnya kita harapkan juga dimulai. Tadi saya juga menyampaikan kepada Menhub dan Gubernur DKI agar MRT Timur Barat juga segera dilakukan, tentu saja setelah persetujuan dari DPRD DKI Jakarta," tuturnya. 

"Sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk MRT berjalan sangat baik. Untuk timur barat, belum diputuskan kapan. Ini memang harus dilakukan,” sambung Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mempercepat pembangunan MRT fase dua, yang akan dimulai pada akhir tahun ini.

"Arahan Presiden sangat menantang, beliau ingin kita sudah segera mulai pembangunan fase II ke Stasiun Kota. Bahkan setelah itu dimungkinkan bisa ke lebih timur hingga Ancol," ungkap dia.

"Tadi arahan Pak Presiden juga untuk koridor Timur - Barat kalau bisa dikerjakan relatif bersamaan dengan kegiatan yang sampai ke Ancol. Dari Cikarang - Balaraja itu 87 km. Di Jakarta sendiri itu nanti underground (bawah tanah) tapi begitu keluar Jakarta itu elevated," pungkasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up