JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen, Jokowi: Alhamdulillah

06 November 2018, 17:06:22 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen, Jokowi: Alhamdulillah
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17 persen pada kuartal III-2018. Meski, angka itu lebih rendah dibanding kuartal sebelumnya yang sebesar 5,27 persen.

Menanggapi capaian itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sudah cukup baik. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dibanding negara lainnya.

“Ya alhamdulillah masih sangat baik dibandingkan dengan negara lain. Artinya, kita masih bisa mempertahankan pada posisi 5,1 persen–5,2 persen,” ujarnya seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (6/11).

Jika ditelusuri lebih jauh, pertumbuhan ekonomi Indonesia memang jauh lebih baik dibanding negara lainnya. BPS mencatat, Singapura yang mengalami perlambatan di kuartal III-2018 yakni sebesar 2,6 persen dari sebelumnya 4,1 persen kuartal II-2018.

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh menguat di angka 3 persen pada kuartal III-2018 dari sebelumnya 2,9 persen pada kuartal II-2018.

Hanya dengan Tiongkok saja Indonesia kalah. Negeri Tirai Bambu itu mengalami perlambatan ekonomi pada kuartal III-2018 namun masih tetap tinggi, yakni menjadi sebesar 6,5 persen dari kuartal sebelumnya sebesar 6,7 persen.

Presiden Jokowi juga menunjuk data tren konsumsi masyarakat yang juga masih di atas 5 persen. Menurutnya, capaian tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan di kuartal selanjutnya.

“Dalam situasi global ekonomi yang menurun, perang dagang yang masih ramai, saya kira pertumbuhan ekonomi di angka 5,17 menurut saya cukup baik,” tutupnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up