alexametrics

Investor Ritel dan Milenial Didorong Dukung Perekonomian

6 Juli 2022, 18:20:03 WIB

JawaPos.com – Investor ritel dan milenials didorong berkontribusi dalam menopang pembiayaan pembangunan nasional dari sebelumnya yang lebih banyak bertumpu pada aktivitas penyaluran kredit perbankan.

Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan, dan Statistik Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Priyanto Budi Nugroho menyebutkan perlu upaya lebih agar Indonesia tetap dapat menjaga pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen, atau bahkan lebih tinggi.

“Kondisi sosial politik di tingkat global hingga kini masih berdampak besar terhadap laju pertumbuhan ekonomi domestik. Karena itu, peran investor ritel maupun milenial menjadi sangat penting dalam meredam tekanan global tersebut,” ujar Priyanto dalam diskusi LPS-FORWADA Discussion Series 2022, Rabu (6/7/2022).

Menurut Priyanto Budi, kondisi kurs rupiah yang sudah dikisaran Rp15 ribu per USD, imbal hasil obligasi 10 tahun di atas 7,6%, perlu diimbangi dengan pasar keuangan nonbank seperti pasar modal. “Peran investor ritel maupun milenial akan menjadi penting disaat seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Data LPS per Mei 2022 mencatat investor pasar modal Indonesia secara demografi didominasi kelompok umur dibawah 30 tahun – generasi milenial dan generasi setelahnya – yang hampir 60% atau tepatnya 59,8% dari total penduduk di tanah air.

“Investor kelompok ini terbilang cukup besar, meski dana yang diinvestasikan relatif masih kecil, yaitu sekitar Rp53,77 triliun. Sementara, jumlah investasi yang berasal dari investor dengan rentang usia 60 tahun yang mencapai 27,5% atau sebesar Rp553 triliun,” papar Priyanto.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini: