alexametrics

Luhut Prediksikan Perekonomian Kuartal-II Makin ‘Nyungsep’

6 Juni 2020, 05:35:19 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan, perekonomian kuartal-II tahun ini belum menunjukkan perbaikan. Bahkan Luhut meramalkan, pertumbuhan ekonomi kuartal-II tak lebih tinggi dari tiga bulan pertama tahun ini.

Sebagaimana diketahui, ekonomi kuartal-I hanya mampu tumbuh 2,97 persen. “Kita lihat kuartal II ini mungkin lebih bawah lagi,” ujarnya dalam video conference, Jumat (5/6)

Luhut memaparkan, pemerintah juga telah memperkirakan hal ini akan terjadi. Terlebih adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menghambat aktivitas ekonomi.

Namun, dia menyampaikan, kondisi ini juga dialami banyak negara lainnya. “Sudah diprediksi semua, hal ini karena ekonomi tidak jalan karena PSBB dampaknya begini,” tuturnya.

Luhut memaparkan ada enam sektor usaha unggulan yang semestinya dapat berkontribusi besar kepada perekonomian Indonesia. Bahkan kapasitasnya menyumbang 69 persen ke perekonomian Indonesia terhadap PDB Indonesia.

Keenam sektor tersebut yakni industri pengolahan, perdagangan besar/eceran dan reparasi mobil/motor, pertanian, konstruksi, pertambangan, dan transportasi. Namun, keenam sektor ini terpukul Covid-19.

“Ini dampaknya membuat ekonomi kita mau enggak mau goncang,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads