JawaPos Radar

Laju Rupiah Berpotensi Kembali Tertahan

06/04/2018, 09:02 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Laju Rupiah Berpotensi Kembali Tertahan
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (Issak Ramadhan / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) cenderung kembali tertahan. Hal ini memberi gambaran minimnya sentimen positif dari dalam negeri. Sehingga rentan terhadap gejolak kondisi global. 

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada  mengatakan, pergerakan rupiah terkait sentimen ekonomi menghadapi Revolusi Industri 4,0. Rencana pemerintah menerapkan kebijakan baru berupa tax holiday tidak cukup kuat mengangkat rupiah. 

“Diperkirakan Rupiah akan kembali tertahan dengan respon pelaku pasar dalam menanggapi sentimen yang ada. Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran batas bawah (support) 13.772 dan batas atas (resisten) 13.755,” ujarnya di Jakarta, Jumat (6/4).

Reza menjelaskan, pergerakan rupiah masih terlihat mendatar meski laju USD kembali mengalami pelemahan. Akan tetapi, jelang akhir perdagangan laju USD kembali menguat setelah adanya sinyal akan adanya proses negosiasi perdagangan diantara AS-Tiongkok. “Pelaku pasar kembali memanfaatkan pelemahan USD sebelumnya untuk kembali masuk sehingga mengangkat USD,” imbuhnya.

Sementara itu, dari dalam negeri masih cenderung minim sentimen sehingga belum adanya trigger untuk mengangkat rupiah. “Meski demikian, tetap cermati dan waspada terhadap sentimen yang membuat laju Rupiah kembali tertahan kenaikannya dan kembali melemah,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up