alexametrics

Gaet Wisatawan Arab ke Indonesia, Ini Permintaan Darmin ke Dunia Usaha

6 Maret 2019, 16:44:26 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan setiap tahun jumlah masyarakat Indonesia yang pergi umrah terus meningkat. Menurut dia, besarnya jumlah itu seharusnya mampu diimbangi di dalam negeri. Artinya, turis asal Arab juga harus meningkat di dalam negeri.

“Jangan cuma mengkampanyekan orang untuk umrah atau haji, tapi juga undang orang Saudi ke Indonesia,” ujar Darmin di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (6/3).

Dengan langkah itu, diharapkan terjadi keseimbangan necara dan tidak lagi pincang. Darmin juga berharap pelaku usaha yang bisa memanfaatkan kebutuhan wisatawan akan cinderamata. Saat ini, katanya, hanya Tiongkok dan negara-negara Arab yang menggarap pasar oleh-oleh tersebut.

“Saya pernah ikut umrah dan ngobrol dengan kelompok umrah lain. Tasnya bagus-bagus, keren-keren tampilan dan warnanya. Ketika ditanya itu buatan mana, disebut buatan Tiongkok semua. Masa kita tidak bisa mengumpulkan energi dan dana untuk membangun industri seperti itu,” tuturnya.

Darmin juga berharap bisnis layanan jasa penyelenggara haji dan umroh tidak hanya menjadi bisnis bagi kepentingan nasional tapi juga bisa dioptimalkan untuk mendorong perekonomian dalam negeri.

“Jadi ya bisnis syariah itu untuk haji dan umrah dan lain-lainnya tidak hanya diukur untuk pengguna jasa haji dan umroh, tapi juga untuk kepentingan nasional. Sehingga tidak memperparah defisit kita terhadap Tiongkok,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi



Close Ads
Gaet Wisatawan Arab ke Indonesia, Ini Permintaan Darmin ke Dunia Usaha