JawaPos Radar

Apindo Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,2 Persen di 2018

05/12/2017, 14:48 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani (Hana Adi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 mendatang sebesar 5,05 persen sampai 5,20 persen. Proyeksi itu jauh di bawah yang ditargetkan oleh pemerintah dalam APBN 2018 sebesar 5,4 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani dalam Outlook Apindo 2018 di Jakarta, Selasa (5/12).

"Proyeksi tersebut dibuat dengan landasan kehati-hatian sekaligus pandangan realistis dunia usaha terhadap kelanjutan reformasi struktural yang masih dilakukan pemerintah," ujarnya.

Dia menegaskan, jika pada 2018 mendatang upaya pemerintah tidak dalam berbagai kebijakan tidak berubah seperti tahun ini, maka target pertumbuhan 5,20 persen akan semakin sulit tercapai. Pihaknya berharap pemerintah berani membuat kebijakan yang lebih inovatif dalam mendukung dunia usaha.

"Perlu upaya pemerintah yang out of the box terhadap motor-motor produktif pertumbuhan ekonomi, yaitu sektor industri secara konvensional dan sektor-sektor harapan baru yang diharapkan menjadi bintang di 2018, yaitu sektor pariwisata dan industri kreatif," jelasnya.

Di samping itu, pihaknya juga berharap pemerintah tidak mengesampingkan reformasi struktural yang terus dilakukan pemerintah untuk mendongkrak kinerja industri pengolahan dan manufaktur, kinerja investasi PMDN maupun PMA, serta penyediaan lapangan kerja.

"Kalau upaya itu dilakukan, proyeksi tahun depan bisa saja tercapai," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up