alexametrics

Rupiah Babak Belur Jasa Marga Malah Tenang-tenang Saja

5 September 2018, 16:12:33 WIB

JawaPos.com – Perusahaan operator milik BUMN, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengaku meskipun nilai tukar Rupiah mengalami keterpurukan namun tak mempengaruhi aktivitas bisnis perseroan. Mengutip Bloomberg, nilai tukar Rupiah saat ini masih berada di angka 14.933 per Dollar Amerika Serikat.

Direktur  Jasa Marga Desi Arryani mengungkapkan, aktivitas bisnis perseroan merupakan pengerjaan konstruksi namun semua biaya menggunakan mata uang Rupiah.

“Kami tidak memiliki pinjaman mata uang asing. Dan global bond serta biaya-biaya kami dalam redenominasi Rupiah semua,” ujarnya di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (5/9).

Desi menegaskan, Jasa Marga juga akan terus mengejar target proyek pembangunan jalan tol di berbagai titik. Hal tersebut karena sebagian besar dana yang ia dapat untuk membiayai pembangunan infrastruktur berasal dari para investor.

“Terkait adanya penundaan pemerintah, itu mungkin infrastruktur yang ditunda yang dibiayai APBN. Kita kan pakai equity dan investasi jadi nggak ada yang ditunda, semua dikebut terus,” tututnya.

Desi mengungkapkan, ketenangan perseroan di tengah gejolak kurs saat ini lantaran semua bahan bahan yang digunakan untuk membangun infrastruktur Jasa Marga 100 persen menggunakan komponen lokal sehingga tidak terdampak pelemahan Rupiah. 

“100 persen TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) ya kami” ucapnya.

Desi menambahkan, terkait para investor asing yang saat ini berinvestasi di Jasa Marga semua menggunakan mata uang Garuda. 

“Investor asing juga kita upayakan beli dalam Rupiah,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (mys/JPC)



Close Ads
Rupiah Babak Belur Jasa Marga Malah Tenang-tenang Saja