alexametrics

Bantu Akses Permodalan Bumdes, Kemendes-PDTT Berikan Nomor Registrasi

5 Agustus 2020, 05:51:28 WIB

JawaPos.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) membantu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam mengakses permodalan. Caranya adalah dengan pemberian nomor registrasi Bumdes.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menuturkan, saat ini ada 10.628 Bumdes dari 37.328 Bumdes yang mampu bertahan dengan tetap melakukan transaksi selama pandemi Covid. Itu terdiri dari 2.153 Bumdes digital dan 8.476 Bumdes belum digital.

“Untuk memberikan daya dukung maksimal ke Bumdes, bisa akses pinjaman lunak dalam program PEN, maka Kemendes-PDTT memberikan nomor registrasi kepada 10.628 Bumdes tersebut,” kata Abdul Halim dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/8).

Kemendes-PDTT akan mengirimkan daftar Bumdes yang sudah memiliki nomor registrasi tersebut ke BPD-BPD dan Himbara yang mendapat dana titipan untuk program PEN. “Agar mereka (perbankan) bisa memberikan fasilitas pinjaman modal dengan bunga lunak,” imbuh Abdul Halim.

Sedangkan sebanyak 26.699 Bumdes yang belum mengantongi nomor registrasi, saat ini masih menunggu proses validasi. Abdul Halim berharap seluruh Bumdes yang aktif, yang sebanyak 37.328 unit bisa mendapat nomor registrasi dari Kemendes-PDTT.

“Konsekuensinya, Kemendes-PDTT harus melakukan pendampingan masif dan sistematis agar mereka berkembang,” pungkasnya.

 

Editor : Estu Suryowati



Close Ads