alexametrics

Alih Teknologi, Bikin Bisnis Digital Indonesia Kian Melejit

5 April 2018, 17:10:10 WIB

JawaPos.com – Perusahaan berbasis digital berpotensi menjadi motor penggerak perekonomian dalam negeri. Perlu faktor penunjang. Salah satunya adalah Sumber Daya Manusia (SDM). 

Pemilik perusahaan transportasi berbasis aplikasi digital atau CEO Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan, keluwesan aturan imigrasi dapat menjadi terobosan mempercepat pertumbuhan ekosistem digital dalam negeri. Menurutnya, semakin banyak SDM lokal berkesempatan mempelajari berbagai keahlian talenta TI asing, maka kian cepat perusahaan tersebut berkembang. Hingga saat ini Indonesia masih kekurangan ahli pemrograman dan data science dalam ekosistem digital.

“Pelajaran bahasa pemrograman dan data science belum ada di dalam sistem pendidikan dasar di sini. Keduanya juga perlu dijadikan sebagai pelajaran mandatory,” ujarnya saat ditemui di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (5/4).

Dalam kesempatan yang sama, Managing Partner Venturra Capital Rudy Ramawy menyatakan, pertumbuhan ekosistem ekonomi digital dalam negeri melaju pesat dalam lima tahun terakhir. 

Bahkan, pertumbuhannya jauh lebih pesat bila dibanding  laju negara penghasil talenta ekonomi digital terbesar di dunia. Misalnya, Tiongkok dan India. “Bukan berarti talenta Indonesia itu kurang pintar, banyak talenta berbakat tapi belum berpengalaman melayani pasar yang sebegitu besar,” tuturnya.

Dalam jangka waktu dekat, pemerintah perlu memfasilitasi adanya akses terhadap ahli teknologi asing ke dalam negeri. Dengan demikian, SDM lokal dapat mempelajari keahlian dari SDM terbaik kelas dunia. Beberapa bidang keahlian yang masih belum tersedia di dalam negeri di antaranya yaitu ilmu dasar pemrograman dan desain visual.  “Kemudahan interaksi dengan talenta berpengalaman dari luar, tentunya sangat penting,” tandasnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Regulasi itu memungkinkan tenaga kerja asing lebih mudah masuk ke dalam negeri untuk meningkatkan arus investasi.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (mys/JPC)


Close Ads
Alih Teknologi, Bikin Bisnis Digital Indonesia Kian Melejit