JawaPos Radar

Pelemahan Rupiah Justru Bisa Menjadi Peluang Emas Lewat Ekspor Produk

05/03/2018, 15:18 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Pelemahan Rupiah Justru Bisa Menjadi Peluang Emas Lewat Ekspor Produk
Ilustrasi Ekspor Indonesia (Dok. JawaPos.Com)
Share this

JawaPos.com - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno mengatakan, Indonesia justru dapat mengambil peluang emas akibat pelemahan mata uang Rupiah. Semestinya Indonesia dapat menggenjot produk ekspor secara kompetitif.

Saat ini mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih di kisaran Rp13.700. Jika persaingan produk lebih kompetitif, maka dapat mendongkrak ekspor.  "Potensinya, kalau melemah rupiah, malah makin naik ekspornya. Artinya, malah makin kompetitif harganya," ujarnya di Menara Kadin Jakarta, Senin (5/2).

Disi lain, Benny mengungkapkan, sektor ekspor Indonesia masih besar volumenya. Ekspor Indonesia menguasai dua persen perdagangan dunia. Pihaknya berharap agar dubes terus bisa memasarkan produk  anak bangsa. Khususnya di sektor manufaktur dan agro yang masih dominan mendongkrak pertumbuhan ekspor Indonesia.

Beni menambahkan, seharusnya dubes yang diamanatkan Presiden sebagai informan dapat berperan aktif memberi informasi peluang produk ekspor yang dapat digarap oleh pengusaha Indonesia. "Rekomendasi dari kita mengenai jenis ekspor yang berpeluang dari negara tersebut apa saja dan dari negara mana, serta nilainya berapa. Sehingga, kita tawarkan kepada pelaku usaha apakah mampu mereka itu. Terutama, ekspor masih didominasi manufaktur dan agro jadi sepanjang matahari ada, agro itu akan tumbuh, sehingga direalisasikan dalam barang barang manufaktur, sehingga ada nilai tambah," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up