alexametrics

KPK Minta Garuda Terbuka soal Temuan Harley Tak Prosedural

4 Desember 2019, 16:34:04 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pihak PT Garuda Indonesia (Persero) terbuka soal temuan adanya komponen motor Harley Davidson dan dua sepeda Brompton di dalam pesawat yang baru didatangkan dari Prancis yakni Airbus A330-900Neo. KPK juga meminta kejelasan tentang pemilik atau pemesan barang tersebut.

“Saya kira akan lebih baik jika informasi ini dijelaskan secara terbuka agar tidak ada kekeliruan pemahaman,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah dikonfirmasi, Rabu (4/12).

Febri menyampaikan, pihaknya belum mendapatkan laporan dari masyarakat dan belum mengetahui pemilik barang-barang mewah tersebut. Begitu juga, apakah masih berkaitan dengan pemesanan pesawat oleh Garuda Indonesia atau tidak.

Terlebih, ada aturan soal gratifikasi oleh penyelenggara negara. Oleh karena itu, KPK menekankan pentingnya pihak Garuda terbuka mengenai hal tersebut, sehingga tak menimbulkan kesalahpahaman publik.

“Jika ada kekhawatiran benda tersebut sebagai pemberian pada pegawai negeri atau penyelenggara negara, maka tentu ada risiko gratifikasi di sana,” tukas Febri.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia mengaku ada barang selundupan berupa komponen Harley Davidson dan dua sepeda Brompton yang belum membayar bea masuk merupakan milik karyawan. Barang itu ditemukan oleh petugas Bea Cukai dari pesawat baru Garuda Indonesia, Airbus A330-900, setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, akan memberikan sanksi tegas apabila ada unsur kesengajaan dalam masuknya barang-barang tersebut secara tak prosedural.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads