alexametrics

Pernah Dilarang, 2 Perusahan Tambang Kantongi Izin Ekspor Lagi

4 Desember 2018, 15:56:18 WIB

JawaPos.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali memberikan izin ekspor kepada dua dari empat perusahaan tambang yang sebelumnya dicabut izinnya. Sementara itu dua lainnya masih dicabut izinnya lantaran belum menunjukkan progres pembangunan smelter.

Adapun dua perusahaan yang sudah diberikan izin lagi yakni PT Integra Mining Nusantara, perusahaan yang berada di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara ini memproduksi nikel. Kemudian PT Modern Cahaya Makmur, perusahaan ini satu wilayah dan memproduksi tambang yang sama.

“Mereka sudah diberikan izin ekspor lagi sekitar bulan November,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/12).

Sementara itu, dua lainnya yang telah dicabut izinnya yakni PT Lobindo Nusa Persada, perusahaan yang ada di Kepulauan Riau ini memproduksi Bauksit. Satu lagi yakni PT Surya Saga Utama, perusahaan yang memproduksi nikel dan berada di Bombana, Sulawesi Tenggara.

“Sementara yang dua Surya Saga dan Lobindo karena masa rekomendasi ekspornya berakhir otomatis dia tidak bisa ekspor. Tapi Surya Saga sudah melakukan progress pembangunan smelter,” tuturnya.

Meski demikian, Kementerian ESDM tidak menutup kemungkinan untuk diberikan kembali izin ekspor. Dengan catatan, perusahaan telah memenuhi kewajiban pembangunan smelter dan mengajukan izin ekspor.

“Kalau dia ngajuin boleh sebagai perpanjangan. Tapi harus memenuhi target 90 persen. Kalau pembangunan smelter tidak bisa sesuai harapan artinya dia melanggar komitmen. Saat ini belum ada sanksi administrasi,” pungkasnya.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (hap/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Pernah Dilarang, 2 Perusahan Tambang Kantongi Izin Ekspor Lagi