Survei Sebut Belanja Masker Medis Paling Laris saat Pandemi Covid-19

4 Juli 2022, 07:28:20 WIB

JawaPos.com–Era pandemi Covid-19, penggunaaan masker medis menjadi wajib dan untuk mencegah dari penularan droplet. Masker dan vaksin adalah duet paling ampuh meminimalisir penularan Covid-19.

Dalam sebuah survei, terlihat bahwa konsumsi belanja pada era pandemi lebih didominasi pembelian masker medis oleh konsumen. Akan tetapi tren pembelian bergeser dari offline ke online. Apalagi selama pandemi, masyarakat lebih banyak berada di rumah. Kebiasaan baru membeli atau belanja secara online lebih diminati.

”Situs marketplace pun bermunculan, belanja online yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli, bahkan layanan pengiriman dan pembayaran makin favorit,” kata Tri Raharjo baru-baru ini dalam Brand Choice Award 2022 Fase 4.

Masker Medis Paling Favorit

Hasil survei, dari 162 kategori produk terdapat 15 kategori produk dengan akumulasi penjualan terbanyak. Masker medis jenis KN95 sebanyak 1,44 juta transaksi. Masker jenis Duckbill 688,9 ribu transaksi, dan Humidifier 258,4 ribu transaksi.

Masker KN95 merupakan masker penutup wajah yang digunakan untuk menutup hidung dan mulut. Masker KN95 adalah masker yang diklaim bisa menyaring partikel aerosol sampai 95 persen.

Masker duckbill digunakan untuk menutup hidung dan mulut. Masker tersebut digunakan untuk mencegah penularan penyakit dari tetesan cairan tubuh yang keluar melalui hidung atau mulut dan melindungi dari bakteri, virus, debu, serbuk sari, asap kendaraan, polusi.

Dalam bahasa Indonesia, duckbill diterjemahkan sebagai paruh bebek. Hal tersebut merujuk pada bentuk masker dengan ujung yang runcing.

Belanja favorit lainnya yang paling banyak dibeli seperti Deodorant Roll on perempuan 944,6 ribu transaksi, pengharum ruangan 896,2 ribu transaksi, Deodorant Roll on pria 441,4 ribu transaksi, skincare pria 276,5 ribu transaksi, korset 267,7 ribu transaksi, untuk periode Maret–Mei 2022.

”Kalau dilihat dari ulasan halaman internet terkait produk, dalam satu tahun terakhir terdapat 1,4 juta ulasan,” ungkap Tri Raharjo.

Sementara itu, peraih Brand Choice Award 2022 Fase 4, antara lain kategori robot vacuum cleaner, kategori gergaji dan palu, kategori syrup gourmet, kategori cincin emas, gelang emas, kalung emas, dan anting emas, serta kategori resistance band dan yoga roller.

Sementara itu, Susilowati Ningsih dari INFOBRAND.ID menambahkan, di tengah gempuran teknologi yang berkembang cepat dengan semakin bertumbuhnya official store di marketplace, menuntut produk untuk melakukan inovasi serta mengikuti perkembangan zaman.

”Pasalnya, sebagian konsumennya saat ini telah bermigrasi mengikuti tren dengan menggunakan marketplace ketika berbelanja sebuah produk (termasuk belanja kebutuhan selama pandemi),” terang Susi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: