alexametrics

Komponen Harley Diselundupkan Lewat Garuda, Menkeu Perketat Pengawasan

3 Desember 2019, 16:17:53 WIB

JawaPos.com – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) diduga mengangkut komponen Harley Davidson bekas dan dua sepeda Brompton menggunakan pesawat baru Garuda jenis Airbus A330-900 Neo. Pengangkutan tersebut diduga ilegal.

Hal itu lantas menjadi permasalahan. Pasalnya, motor gede tersebut sebelumnya disita oleh pihak Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Inderawati mengakui bahwa modus penyelundupan memang kerap terjadi dengan berbagai cara. Dia bercerita, sebelumnya juga ada penyelundupan dilakukan melalui skema jasa titip (jastip) suatu komoditas yang dipecah kecil melalui berbagai penumpang.

“Kita memahami modus-modus untuk penyelundupan itu terjadi dengan berbagai cara,” ujar Sri Mulyani di gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (3/12).

Dia menegaskan bahwa pihaknya akan memperkuat kerja sama dengan Bea Cukai dalam memperketat pengawasan. Untuk selanjutnya, Bea Cukai dapat lebih jeli untuk mencegah berbagai model modus penyelundupan barang ilegal.

“Kami akan terus meningkatkan MoU kerja sama Bea Cukai dengan negara lain, seperti Singapura, misalnya. Kita formulasikan kemudahan, begitu kita buat, ada saja yang menjadikannya penumpang gelap,” jelasnya.

Sementara itu, mengutip akun Twitter resmi Airbus @Airbus, Selasa (3/12), pengiriman perdana pesawat itu tercatat pada 18 November 2019. Dalam akun itu tertulis, 14 pesawat akan bergabung dengan Garuda untuk memperkuat bisnis perusahaan.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads