alexametrics

Persiapkan Masa Pensiun Bisa Putus Rantai Tradisi Sandwich Generation

3 Maret 2021, 21:41:29 WIB

JawaPos.com – Masa pensiun adalah hal penting yang, ironisnya, sangat jarang disiapkan oleh mayoritas orang-orang yang masih bekerja. Padahal, mempersiapkan masa pensiun bisa membuat hidup kaum pekerja lebih tenang dalam soal keuangan tanpa perlu memberatkan anggota keluarga yang masih bekerja, khususnya anak.

Managing Director of Customer Solution & Delight Prudential Indonesia Himawan Purnama menuturkan bahwa berdasarkan data, cuma 3,6 persen pekerja yang sudah mempersiapkan masa pensiun mereka.

“Sementara, sebagian besar (yang belum mempersiapkan masa pensiun, Red) terancam miskin di masa tua,” ujar Himawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/3).

Himawan memaparkan, selain bisa menopang hidup kala sudah tidak bekerja, persiapan masa pensiun juga perlu untuk memutus rantai tradisi sandwich generation.

Sandwich generation adalah istilah untuk generasi pekerja yang tidak cuma harus memenuhi kebutuhan mereka dan anak-anak mereka (untuk yang sudah berkeluarga, Red), tapi juga orang tua mereka yang sudah tidak punya pendapatan apapun.

Hal ini tidak dipungkiri membuat mereka yang berada di posisi generasi tersebut cukup kesulitan menikmati uang hasil kerja mereka karena harus menanggung cukup banyak orang. Berdasarkan data, setidaknya ada 77,82 persen lansia yang ekonominya ditopang oleh keluarga yang bekerja karena tidak mempersiapkan masa pensiun.

Editor : Banu Adikara




Close Ads