JawaPos Radar

Mei, Jumlah Kunjungan Wisman ke Indonesia Turun Jadi 1,2 Juta

02/07/2018, 15:42 WIB | Editor: Mochamad Nur
Mei, Jumlah Kunjungan Wisman ke Indonesia Turun Jadi 1,2 Juta
Ilustrasi wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia (Dok.Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia sebesar, 1,2 juta kunjungan pada Mei 2018, turun 7,65 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 1,3 juta. Secara tahunan (year on year) jumlah kunjungan wisman naik 4,55 persen dari sebelumnya sebesar 1,15 juta kunjungan pada Mei 2017 menjadi 1,2 juta pada Mei 2018.

"Jadi pada bulan ramadan ini memang terjadi penurunan 7,65 persen," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (2/7).

Dia menjelaskan, penurunan ini terjadi lantaran ada sejumlah negara yang tidak melakukan liburan saat datangnya bulan ramadan. Penurunan ini juga kerap terjadi pada momen ramadan maupun lebaran tahun sebelumnya.

"Karena Malaysia dan negara-negara muslim lainnya biasanya tidak lakukan perjalanan selama Ramadan," tuturnya.

Lanjutnya, dari total 1,2 juta wisman yang berkunjung ke Indonesia, 67 persen diantaranya menggunakan melalui transportasi udara, kemudian 17 persen menggunakan tranpsortasi darat dan 16 persen lainnya transportasi laut.

"Kalau dilihat dari bandara, Ngurah Rai month to month naik dan year on year naik, kalau Soekarno Hatta turun, begitu juga Juanda," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up