alexametrics

PHRI Minta Pemerintah Manfaatkan Anggaran yang Terbatas Dengan Tepat

2 April 2020, 12:08:10 WIB

JawaPos.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menyebutkan bahwa pemerintah harus pintar-pintar memanfaatkan anggaran terbatas dalam memerangi Covid-19. Anggaran sebesar Rp 405,1 triliun untuk mengatasi permasalahan terkait kesehatan masyarakat, perekonomian nasional, dan stabilitas sistem keuangan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Dengan anggaran terbatas itu, bagaimana kita memanfaatkan supaya situasi cepat pulih. Kalau pemanfaatan anggaran tidak sesuai dengan apa yang disampaikan presiden itu kan sayang,” jelasnya ketika dihubungi, Kamis (2/4).

Maulana juga memberikan saran, anggaran-anggaran tersebut harus diprioritaskan untuk para karyawan yang dirumahkan. Pasalnya, dengan adanya virus ini, banyak pihak, termasuk perhotelan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Itu harusnya fokus kepada tenaga kerja, itu yang paling penting. Mereka-mereka itu yang terdampak. Makanya mereka masih keluar untuk mencari makan,” tutur dia.

Maulana pun memberikan contoh, Singapura dan Thailand yang juga terdampak virus ini lebih memilih fokus untuk kesejahteraan para karyawan terlebih dahulu.

“Mereka kan fokus terhadap masalah karyawannya. Mau 60 persen gajinya dibayar dalam bentuk BLT (bantuan langdung tunai), kan jadi orang nggak ada beban. Nggak mungkin kita merumahkan orang tanpa mereka dapat uang untuk makan,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Saifan Zaking

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads