alexametrics

Baru 80,51 Persen Wajib Pajak Laporkan SPT Tahunannya

2 April 2018, 22:47:01 WIB

JawaPos.com – Pelaporan SPT Tahunan di Jogjakarta diketahui baru 80,51 persen dari total jumlah Wajib Pajak (WP) yang seharusnya memiliki kewajiban.

Dari catatan Kanwil Ditjen Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), baru sebanyak 204.541 wajib pajak yang telah melaporkan kewajibannya dalam 3 bulan terakhir.

Kendati demikian, jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat mengingat SPT PPh untuk badan atau instansi memiliki batas pelaporan hingga April ini.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kanwil Ditjen Pajak DIY Sanityas Jukti Prawatyani,mengatakan, angka sebesar 204.541 merupakan gabungan dari wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunannya melalui online maupun manual.

Wajib pajak yang menggunakan fasilitas online berjumlah 161.005, sedangkan yang melaporkan langsung dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak untuk melaporkan SPT Tahunannya sebanyak 43.536.

“Meskipun batas waktu penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi telah berakhir, namun diingatkan kepada wajib pajak orang pribadi yang belum menyampaikan SPT Tahunan tetap wajib untuk menyampaikan,” katanya dalam keterangan tertulisnya Senin (2/4).

Lanjut dia, denda keterlambatan penyampaian SPT PPh Orang Pribadi adalah Rp100 ribu. Tercatat masih ada 18.528 wajib pajak badan belum menyampaikan SPT Tahunannya.

Diharapkan di sisa waktu satu bulan ini, wajib pajak dapat memenuhi kewajiban perpajakannya sehingga dapat terhindar dari sanksi administrasi keterlambatan penyampaian SPT Tahunan PPh Badan sebesar Rp1 juta.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)


Close Ads
Baru 80,51 Persen Wajib Pajak Laporkan SPT Tahunannya