alexametrics

Sentimen Domestik Diharapkan Bisa Tekan Pelemahan Rupiah

2 Maret 2018, 07:33:56 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diharapkan pelemahannya dapat ditanggulangi. Seiring masih adanya sentimen positif dari dalam negeri.

Meskipun demikian, Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, tak dapat dipungkiri masih adanya sentimen dari kenaikan lanjutan USD diperkirakan dapat kembali menghambat potensi pembalikan arah rupiah. “Laju rupiah diharapkan dapat melemah terbatas,” ujarnya di Jakarta, Jumat (2/3).

Reza menjelaskan, masih minimnya sentimen positif dari dalam negeri selain rilis inflasi yang tercatat lebih rendah dari perkiraan membuat laju rupiah kembali melanjutkan pelemahan. 

Di sisi lain, masih meningkatnya permintaan akan USD membuat pergerakan USD kembali meningkat dan berimbas pada kembali melemahnya laju rupiah. “Pergerakan USD di pasar spot valas global masih naik. Seiring adanya respon negatif terhadap potensi kenaikan suku bunga The Fed,” tuturnya.

Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.815 dan batas atas (resisten) 13.720. “Tetap cermati dan waspada masih adanya pelemahan lanjutan,” tandasnya

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (mys/JPC)

Sentimen Domestik Diharapkan Bisa Tekan Pelemahan Rupiah