alexametrics

Bitcoin Bisa Musnah Jika Hal Ini Terjadi

2 Maret 2018, 17:55:18 WIB

JawaPos.com – Penggunaan mata uang digital (cryptocurrency) di masyarakat, baik sebagai alat pembayaran maupun juga sebagai salah satu pilihan portofolio investasi masih terus diperdebatkan, salah satunya Bitcoin.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan menanggapi, mata uang digital atau cryptocurrency seperti Bitcoin sudah menjalar ke seluruh dunia dan tidak bisa dihentikan.

Menurutnya, Bitcoin layaknya sky net yang ada di film Terminator. Artinya transaksi Bitcoin tidak akan bisa hilang selagi ada sebuah internet.

“Artinya kalau mau memusnahkan Bitcoin di dunia, maka hapus semua internet,” kata Oscar di diskusi membaca arah nasib bitcoin di Indonesia, yang diselenggarakan Lantai Bursa.id dengan Investmen Gallery IPMI International Business School di Jakarta, Jumat, (2/3).

Meskipun demikan, Oscar sendiri sepakat dengan pihak Bank Indonesia (BI) yang melarang keras penggunaan Bitcoin di Indonesia sebagai alat pembayaran.

Hal itu mengacu UU Nomor 7 tahun 2011 terkait mata uang yang menyatakan bahwa setiap orang wajib menggunakan dan menerima mata uang rupiah sebagai alat bayar.

Namun, kata Oscar, bukan berarti Bitcoin tidak bisa dimiliki. Karena Bitcoin dinilai sebagai sebuah barang.

“Artinya dalam kasus apapun Bitcoin hanya tidak bisa di gunakan sebagai alat bayar,” tuturnya.

Seperti diketahui, kata Oscar sendiri saat ini market capt aset digital termasuk Bitcoin, sampai 1 Febuari 2018 sudah tembus USD 520 miliar.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (mys/JPC)

Bitcoin Bisa Musnah Jika Hal Ini Terjadi