alexametrics

11 Pesawat Boeing 737 Max 8 Milik Lion Air dan Garuda Dinyatakan Aman

1 November 2018, 16:24:22 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 10 pesawat Lion Air dan 1 Garuda Indonesia yang merupakan Boeing 737 Max 8 menjalani inspeksi Kementerian Perhubungan. Hal itu bertujuan untuk memastikan kondisi pesawat tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan 11 pesawat tersebut telah menjalani pemeriksaan khusus. Hasil pemeriksaan menyatakan bahawa tidak ada gangguan teknis yang ditemukan di pesawat itu. Artinya, seluruh pesawat tersebut dalam kondisi aman. 

“Pemeriksaan 11 pesawat itu didapati inspeksi rutin pelaksanaan komponen terpasang tdk ada yang melewati batas umur dan tidak ditemukan gangguan teknis,” ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (1/11).

infografis kecelakaan pesawat
infografis kecelakaan pesawat (Kokoh Praba / JawaPos.com)

Meski demikian, pihaknya akan tetap berdiskusi dengan pihak Boeing selaku pembuat 737 Max 8. Untuk mendapat penjelasan terkait insiden Lion Air JT610 yang merupakan pesawat Boeing 737 Max 8.

“Evaluasi ini akan diteruskan KNKT dan kita akan diskusi dengan Boeing dalam satu dua hari ini akan datg kesini,” jelas dia.

Dengan hasil evaluasi tersebut, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menegaskan jika pesawat tersebut boleh dioperasikan kemnbali. 

“Sekarang ini satu proses pesawat boleh terbang lagi dengan satu klasifikasi di inspeksi oleh kita,” tandasnya.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (hap/JPC)


Close Ads
11 Pesawat Boeing 737 Max 8 Milik Lion Air dan Garuda Dinyatakan Aman