alexametrics

Manfaatkan Pelemahan Dolar, Rupiah Bisa Menguat Hari Ini

1 Oktober 2020, 11:37:34 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan kembali menguat seiring dengan sentimen positif yang membayangi oasar keuangan. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini rupiah berada di posisi 14.918.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Atiston Tjandra mengatakan, data-data ekonomi AS yang dirilis semalam seperti data tenaga kerja, data GDP kuartal II final dan data penjualan rumah dirilis lebih bagus dari ekspektasi pasar.

Menurutnya, hal ini meredakan kekhawatiran pasar terhadap potensi perlambatan pemulihan ekonomi AS. Sehingga ruang gerak dolar Paman Sam terlihat melemah karena meredanya kekhawatiran tersebut.

“Sentimen positif terlihat membayangi pergerakan pasar keuangan hari ini,” ujarnya dalam pesan singkatnya kepada Jawapos.com, Kamis (1/10).

Selain itu, lanjutnya, proses negosiasi stimulus paket 2 AS antara DPR Partai Demokrat dan Pemerintah yang mewakili Republik juga membantu meredakan kekhawatiran pasar sehingga dolar. AS melemah.

Sementara, sentimen dari dalam negeri sendiri, pasar masih mewaspadai potensi perlambatan pemulihan ekonomi yang bisa menekan rupiah.

“Rupiah berpotensi menguat terhadap dollar AS hari ini dengan potensi kisaran di 14.2800-14.950,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: