alexametrics

Kabar Gembira NTB, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Segera Diresmikan

1 Agustus 2017, 14:27:07 WIB

JawaPos.com – Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terus dikebut. Hal itu dilakukan guna menunjang pembangunan ekonomi khusus pada berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sebenarnya ada dua KEK yang sudah siap. Yakni, KEK di Mandalika Nusa Tenggara barat (NTB) dan di Palu, Sulawesi Tengah. Namun, KEK Mandalika di Nusa Tenggara Barat menjadi proyek strategis yang siap diresmikan.

“Mudah-mudahan akhir bulan ini Pak Presiden bisa meresmikan,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (1/8).

Selanjutnya, KEK Lhokseumawe, Bintan, dan Karimun juga tengah dikembangkan. Selain itu, KEK di Merauke juga menjadi fokus pengembangan dari pemerintah.

“Kalau Merauke itu KEK yang spesialisasi pada pangan beras kualitas atas. Lalu gula atau tebu meski masih butuh riset. Sebab, konon kabarnya Papua itu daerah asal tebu kualitas baik, tapi ketika ditanam ada hama ada belatung besar,” jelas dia.

Dia juga mengatakan beberapa KEK yang sudah berjalan. ”Tanjung Kelayang sudah berjalan, Sorong sudah jalan. Mungkin tahun ini kita akan lihat praktis semua KEK yang kita rencanakan akan launching. Namun (KEK) Maloy masih perlu waktu kelihatannya,” tutupnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (cr4/JPC)

Kabar Gembira NTB, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Segera Diresmikan