alexametrics

Begini Gambaran KEK Mandalika NTB Yang Diresmikan Jokowi Bulan Ini

1 Agustus 2017, 15:16:15 WIB

JawaPos.com – Pada Agustus ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Palu, Sulawesi dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Untuk Mandalika, kawasan tersebut dinilai memiliki potensi besar dari berbagai sektor khususnya pariwisata.

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap Presiden Jokowi bisa segera meresmikannya. “Mudah-mudahan akhir bulan ini bisa diresmikan, dan mudah-mudahan bapak presiden ada wktu untuk meresmikannya,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (1/8).

 

Setelah diresmikan, Mandalika akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. “Dari pemerintah mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan antar daerah, antar wilayah,” ucapnya.

 

Sebagai gambaran, Mandalika yang memiliki luas sebesar 1.034 hektar itu akan memiliki beberapa keunggulan seperti green infrastructure. Melalui green infrasatructure, suplai air bersih dan air minum bagi resort Mandalika berasal dari proses desalinasi air laut. Untuk listrik, nantinya disuplai melalui pembangkit energi tenaga surya.

 

Selain itu, Bandara International Lombok (BIL) akan dilengkapi dengan dua apron baru untuk pesawat berbadan lebar (widebody) sekelas Boeing 777 atau Airbus 330. Artinya BIL akan mampu  menampung 10 (sepuluh) apron pesawat berbadan sedang (narrow body) dan 2 (dua) apron untuk berbadan lebar. 

 

Tidak hanya itu, landasan bandara akan diperpanjang dari sebelumnya 2750 meter menjadi 3000 meter. BIL juga diproyeksikan agar bisa melakukan penerbangan jarak jauh. Sementara di Pelabuhan Gili, kapal pesiar dapat merapat ke dermaga dan menurunkan wisatawan tanpa perlu menurunkan jangkar di tengah laut.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (cr4/JPC)

Begini Gambaran KEK Mandalika NTB Yang Diresmikan Jokowi Bulan Ini