alexametrics

Februari 2019, Jumlah Penumpang Pesawat Domestik Anjlok

1 April 2019, 15:58:15 WIB

JawaPos.com – Februari 2019 bukan menjadi bulan baik bagi industri penerbangan. Terjadi Jumlah penurunan penumpang yang signifikan di periode tersebut.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penumpang angkutan udara pada Februari 2019 sebesar 5,63 juta orang. Angka itu mengalami penurunan sebesar 15,46 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 6,66 juta orang.

“Februari ini turun jauh dibanding Januari 2019,” Kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (1/4).

Dia menjelaskan, ada beberapa penyebab penurunan penumpang di bulan Februari. Pertama adalah faktor pendeknya waktu di bulan tersebut yang hanya 28 hari. 

“Karena memang waktunya tidak sepanjang Januari, jadi cukup terasa penurunannya,” kata dia.

Kedua, terjadi penurunan itu didukung oleh kenaikan harga tiket yang terus terjadi sejak peak season Desember 2018. Hal itu membuat masyarakat kurang bergairah menggunakan si burung besi.

“Namun untuk penerbangan internasional tidak terlalu terasa, karena hanya turun dari 1,5 juta menjadi 1,4 juta kunjungan,” kata dia.

Sementara itu, BPS juga mencatat terjadi pergesaran pintu masuk wisman pada Februari 2019. Pada periode tersebut, Bandara Internasional Kualanamu di Medan mampu menggeser Bandara Juanda sebagai bandara yang menjadi pintu masuk wisatawan. 

“Hal itu tercermin dari pertumbuhannya month to month yang sebesar 33,99 persen,” tandasnya.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi



Close Ads
Februari 2019, Jumlah Penumpang Pesawat Domestik Anjlok